Aplikasi Teknologi yang Menggunakan Wireless

Wireless LAN(WLAN) adalah teknologi LAN yang menggunakan frekuensi dan tranmisi radio sebagai media penghantarnya, pada area tertentu, menggantikan fungsi kabel. Paada umumnya WLAAN digunakan sebagai titik distribusi di tingkat pengguna akhir, melalui sebuah atau beberapa perangkat yang disebut dengan Access Point (AP).

Jaringan wireless benar-benar berbeda dengan jaringan kabel, yang secara fisik lebih aman. Informasi ditransmisikan melalui gelombang elektromagnetik pada frekuensi radio dimana siapa saja bisa mentransmisikan dan menerima data. Karena signal disebarkan tidak menggunakan media kabel, maka WLAN sangat lah rawan untuk disadap.

Sampai saat ini, teknologi menuntut manusia untuk senantiasa bergerak (mobile) karena perkembangan zaman. Maka teknologi konektivitgas yang seharusnya paling berkembang adalah teknologi konektivitas yang bersifat wireless (nirkabel). Beberapa teknologi wireless yang cukup banyak digunakan, yaitu:

1. Bluetooth: adalah sebuah teknologi komunikasi wireless( tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4GHz unlicensed ISM dengan menggunakan sebuah frequency hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host Bluetooth dengan jarak jangkauan layanan terbatas( sekitar 10 meter). Sistem Bluetooth terdiri dari sebuah radio transceiver, baseband link controller, dan sebuah link manager. Baseband link controller menghubungkan perangkat keras radio ke base band processing dan layer protocol fisik. Linkk manager melakukan aktivitas-aktivitas protocol tingkat tinggi seperti melakukan link setup, autentikasi dan konfigurasi.

2. Wireless USB: memiliki kecepatan transfer hingga 110Mbps dalam radius 10 meter, dan pada radius 3 meter, kecepatannya meningkat hingga 4 kali lipat, yaitu 480 Mbps.

3. WiFi 802.11g: merupakan spectrum dasar yang paling banyak digunakan untuk menangani permasalahan seputar konektivitas saat ini, teknologi ini mampu melakukan transfer data hingga kecepatan maksimal 54 Mbps, atau sekitar 6.75 MBps.

4. WiFi 802.11n: merupakan teknologi wiFi yang paling cepat, karena mampu menangani transfer data hingga kecepatan maksimal 300 Mbps.

5. Wireless HD: teknologi ini khusus bagi pecinta film atau penggemar video berdefinisi tinggi (High Definition), pada jarak 10 meter, kecepatan transfer hingga 4Gbps, namun menurut teori kecepatan transfernya justru bisa menembus 25 Gbps.

6. Zigbee: teknologi standar wireless yang dikatakan paling hemat daya listrik, karena hanya mampu menghandle transfer data dengan kapasitas kecil saja, namun teknologi ini memiliki keunggulan, yaitu dapat menyampaikan respon suatu instruksi dengan cepat.

7. WAP: Wireless Applications Protocol merupakan spesifikasi tetrbuka yang dibuat agar perangkat wireless lebih mudah mengakses informasi dan dapat berinteraksi secara interaktif dan instant. Dengan adanya WAP, pengguna handphone dapat mengakses internet dengan lebih mudah dan sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki oleh handphone.

8. 3G: merupakan generasi ketiga yang dirancang untuk komunikasi wireless dengan kecepatan tinggi, yaitu 2 Mbps. Dengan kecepatan seperti itu, maka komunikasi seperti video conferencing dapat dilakukan secara baik.

9. PDA(Personal Digital Assitant): merupakan saingan terberat dari handphone. Banyak aplikasi yang mendominasi aplikasi wireless Internet.

10. Telepon Satelit: dapat kita gunakan dimana saja asalkan masih dalam daerah yang terccakup oleh satelit tersebut.

 

 

sumber:

http://indonesiaindonesia.com/f/14517-nirkabel-komunikasi-masa-depan/

http://mydick.wordpress.com/2008/09/03/aplikasi-teknologi-wireless-lan/

http://lafalofe.blogspot.com/2010/05/jenis-teknologi-wireless.html

http://www.elektroindonesia.com/elektro/khu36.html

 

 

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s