Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia dresmikan penggunaannya setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.

Bahasa Indonesia adalah dialek dari bahasa Melayu klasik dan bahasa Melayu kuno. Secara sosiologis, bahasa Indonesia baru diterima keberadaannya pada tanggal 28 Oktober 1945. dan bahasa Indonesia diatur dalam UUD 1945 pasal 36 yaitu “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

Berdasarkan fungsinya, bahasa Indonesia dibagi menjadi 5 fungsi, yaitu:

  1. untuk menyatakan ungkapan perasaan diri/ekspresif. Contohnya, mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan.
  2. sebagai alat komunikasi. Contohnya, sebagai alat berinteraksi atau hubungan antara dua manusia atau lebih sehingga pesan yang dimaksudkan dapat dimengerti.
  3. sebagai adaptasi. Contohnya, jika kita berada di daerah asing atau diluar kota, kita dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat untuk adaptasi dengan lingkungan baru tersebut.
  4. sebagai alat integrasi/penghubung/pemersatu. Contohny, kita mempunyai bermaca-macam bahasa daerah yang beraneka ragam dan dipersatukan oleh bahasa Nasional yang dapat dipakai diseluruh Indonesia yang menjadi satu kesatuan yang utuh dan bulat.
  5. sebagai alat control social. Biasanya untuk mempengaruhi sikap dan tingkah laku seseorang. Contohny, tulisan “dilarang membuang sampah sembarangan” bahasa tersebut sebagai pengatur.

Selain fungsi-fungsi tersebut, bahasa Indonesia juga mempunyai dua kedudukan, yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu hari “Sumpah Pemuda” yang memiliki fungsi-fungsi antara lain:

  1. sebagai lambang identitas Nasional, ini berarti dengan bahasa Indonesia akan dapat diketahui siapa diri kita, yaitu sifat, perangai dan watak kita sebagai bangsa Indonesia.
  2. sebagai lambang kebanggaan Nasional, bahasa Indonesia memancarkan nilai-nilai social budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia, kita harus bangga dengannya, kita harus menjunjungnya, dan kita harus mempertahankannya.
  3. sebagi alat pemersatu berbagai-bagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang social budaya dan bahasanya. Dengan fungsi ini, memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang social budaya dan berbeda bahasanya dapat menyatu dan bersatu kebangsaan, cita-cita dan rasa nasib yang sama.
  4. sebagai alat perhubungan antarbudaya antardaerah.

Dalam hasil perumusan seminar politik bahasa nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 dikemukakan bahwa kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara berfungsi antara lain:

  1. sebagai bahasa resmi kenegaraan, ialah digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  2. sebagai bahasa pengantar resi di lembaga-lembaga pendidikan. Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.
  3. sebagai bahasa resmi pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah. Bahasa Indonesia dipakai dalam hubungan antarbadan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat, untuk kepentingan perencanaan dan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa, tujuannya agar isi yang disampaikan dapat dengan cepat diterima oleh masyarakat.
  4. sebagai alat pengembang kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kebudayaan nasional Indonesia yang beragam, berasal dari masyarakat Indonesia yang beragam pula, hampir tidak mungkin dapat disebarluaskan dan dinikmati oelh masyarakat Indonesia lain tanpa bahasa Indonesia.

Sumber:

http://www.scribd.com/doc/21562578/Kedudukan-Bahasa-Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia

http://muslich-m.blogspot.com/2007/04/kedudukan-dan-fungsi-bahasa-indonesia.html

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s