Robotika kian digemari di seluruh dunia

Robot semakin dekat dengan kehidupan manusia. Di luar negeri, robot bahkan sudah menjadi asisten dan teman hidup manusia. Di Indonesia, robot pun kian diminati. Semakin banyak orang yang tertarik mempelajari bidang robotika.

Tahun 2035, robot humanoid bukan barang aneh. Robot jadi teman hidup dan partner kerja manusia. Di saat itu, ada 3 hukum yang diprogram dan harus dipatuhi oleh setiap robot. Robot tidak boleh menyakiti manusi atau membolehkan manusia menyakitinya. Robot harus mematuhi perintah manusia, asal tak bertentangan dengan aturan pertama. Robot harus melindungi dirinya, selama tidak menentang hukum pertama dan kedua. Itu adalah setting film I Robot (2004) besutan studio Hollywood. Film itu bisa menjadi contoh bayangan manusia akan robot masa depan. Dalam film itu, ditampilkan karakter robot unik bernama Sony yang memiliki emosi seperti manusia.

Robot seperti Sonny mungkin kelak bukan khayalan belaka. Saat ini, robot humanoid sudah banyak dikembangkan. Jepang adalah pionir di bidang ini.

Di Indonesia, pemanfaatan robot juga masih terbatas di bidang industri. Di luar itu, pemanfaatannya masih sebatas hobi dan kegiatan ekstrakurikuler. Kendati demikian, semakin banyak orang yang tertarik mempelajari bidang robotika. Beberapa universitas pun sudah melakukan penelitian di bidang robotika.

­_dikutip dari CHIP Magazine_

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s