posisi tidur menentukan nyaman/tidak pada saat tidur

Tidur dengan posisi yang tepat, bukan hanya bikin kita merasa nyaman saat tidur, tapi juga bisa mencegah kita terbangun dengan kondisi sakit pinggang atau merasa kaku di bagian leher. Beberapa posisi adalah:

DO’s:

  • Tidur menyamping ke kanan. Pastikan posisi leher dan tulang belakang sejajar. Letakkan guling diantara kaki dan tekuklah kaki sedikit mendekati dada. Posisi ini juga bisa meminimalisir terjadinya osteoarthritis (persendian susah digerakkan) dan sakit pada tulang belakang atau panggul.
  • Tidur telentang. Sangat baik kalau kita sering menderita sakit punggung. Akan lebih baik kalau ditaruh bantal dibawah lutut untuk menjaga lengkungan tulang belakang tetap natural. Posisi ini juga bisa menghilangkan lelah pada punggung.
  • Tidur tengkurap. Posisi ini kurang baik, tapi kalau ternyata kamu merasa nyaman dengan posisi tidur seperti ini lebih baik memakai bantal kecil atau nggak menggunakan bantal sama sekali.

DON’T’s:

  • Tidur menyamping ke kiri. Posisi ini akan menyebabkan stress pada organ-organ vital (hati, perut, dan paru-paru). Selain itu, posisi kaki yang terlalu ditekuk mendekati dada pun akan menyebabkan sakit pinggang dan punggung ketika bangun.
  • Tidur telentang. Jika tidur dalam posisi ini, bantal yang diletakkan di bawah lutut nggak boleh terlalu tinggi dan harus mempunyai ketebalan yang tepat untuk menyamakan antara permukaan kasur dengan badan.
  • Tidur tengkurap. Memakai bantal tebal pada posisi ini, akan menyebabkan tidur kita jadi nggak nyaman bahkan mungkin mengalami sakit leher saat bangun pagi. Selain itu, bantal yang tebal juga akan membuatmu sulit bernapas.

_dikutip dari GADIS Magazine_

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s