penyakit yang dianggep sepele bisa bikin bahaya

Tanpa harus jadi paranoid, nggak ada salahnya kalau kita selalu aware dengan berbagai keluhan kesehatan, terutama yang paling sering dirasain. Walau penyakitnya sepele, akan jauh lebih baik jika ditanggulangi sejak dini.

  • Kesemutan pada tangan.

Kesemutan atau neuritis adalah radang pada berkas syaraf yang disebabkan adanya bagian otot yang tertekan akibat pergerakan dalam waktu yang cukup lama. Saat kita beraktifitas, seringkali posisi tubuh kita bergerak pada posisi sama dan berulang-ulang, akibatnya kerja otot tangan menjadi lemah, sakit bahkan mati rasa. Kadang kesemutan juga disertai rasa nyeri pada tangan yang disebut Carpol Tunnel Syndrome atau proses iritasi pada syaraf yang terjadi melalui lengan atau persendian di pergelangan tangan. Kegiatan seperti mengetik, memegang mouse dalam waktu yang cukup lama merupakan salah satu penyebabnya.

  • Nyeri pada leher.

Nyeri pada leher disebabkan oleh ketegangan otot atau myalgia yang berpengaruh pada kontraksi otot yang nggak bagus. Gejala yang timbul adalah kaku disekitar leher dan rasa nyeri saat menggerakkan kepala. Leher merupakan penghubung antara kepala dengan bagian tubuh yang lain dan salah satu bagian yang bekerja keras menopang kepala, makanya kelelahan pada leher bisa memicu rasa sakit. Saat nonton tv atau bermain computer, rajin-rajin menggerak-gerakkan kepala supaya otot sekitar leher tidak terlalu kaku.

  • Kram.

Rasa nyeri dan kaku yang sering datang tiba-tiba ini sering dikenal dengan istilah kram atau cramps. Kram adalah aktifitas otot pada bagian tubuh tertentu yang terganggu atau kerja otot yang sudah mencapai batas maksimal. Saat kram, kadang kita nggak bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh. Kalau dipaksakan bergerak terasa lebih nyeri bahkan fatalnya bisa mengakibatkan otot yang tegang jadi putus. Olahraga berenang sangat baik karena gerakan air bisa melemaskan tulang belakang dan membuat rileks otot di seluruh badan.

_dikutip dari GOGIRL! Magazine_

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s