bahaya nya si kurus , putih, langsing (rokok)

Smoking kills! Semua orang juga tahu fakta ini. Tapi herannya, masih banyak banget orang-orang (termasuk pula teman-teman kita,mungkin??) yang menghisap rokok. Padahal dari setiap gulungan putih kecil langsing itu tersimpan lebih dari 4000 zat kimia beracun yang berbahaya bagi tubuh kita. Dan bahaya rokok nggak hanya berhenti di situ saja. Ini dia fakta-fakta mematikan tentang rokok.

  • Berdasarkan penjelasan yang ada di situs resmi Badan Narkotika Nasional, dalam sebatang rokok terdapat zat-zat karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, formaldehid, karsinogen, dan ratusan zat lainnya yang bersifat menimbulkan kanker. Lalu, para perokok beresiko terjangkit kanker paru-paru sebanyak 10 hingga 30 kali lebih besar disbanding orang-orang yang nggak merokok.
  • Buat para cewek, rokok mengandung lebih banyak bahayanya nih. Soalnya, zat-zat beracun yang ada di paru-paru kita dapat berpindah dan mengendap di leher rahim, yang kemudian berpotensi merusak DNA sel dan merangsang pertumbuhan sel kanker rahim.
  • Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa rokok juga memiliki efek yang nggak kita ketahui sebelumnya. Misalnya, menurunkan system kekebalan tubuh, menyebabkan kerontokan rambut, gangguan katarak, dan kehilangan pendengaran sejak dini.
  • Menurut American Academy of Dermatology, menurut akan mengurangi jumlah darah yang mengalir pada kulit, dan membuat kulit cepat kering. Apabila hal ini berlangsung secara terus menerus, kulit akan kehilangan tingkat elastisitas dan lebih cepat keriput.
  • Selain bikin kulit kering, rokok juga bisa mengganggu penampilan kita dalam hal lain. Asap rokok yang kita hisap bisa membuat gigi menguning. Belum lagi, air ludah kita akan mongering dan akibatnya membuat gigi kita gampang copot dan bau mulut.
  • Asap rokok yang berhembus terus menerus ke dalam rongga mulut akan menjadi rangsangan panas yang menyebabkan perubahan aliran darah dan mengurangi pengeluaran ludah. Akibatnya, rongga mulut kita menjadi kering dan membuat bakteri anerob yang berpotensi merusak gigi dan gusi kita tumbuh subur.
  • Rokok juga mengakibatkan gangguan pada lambung. Pada keadaan normal, lambung kita dapat bertahan terhadap keasaman cairan lambung karena adanya zat-zat tertentu. Tapi saat kita merokok, nikotin akan mengacaukan zat tertentu tadi, terutama zat bikarbonat yang membantu menurunkan keasaman. Akibatnya, lambung pun kewalahan menghadapi asamnya cairan lambung. Kebiasaan merokok ini juga dapat memperarah penyakit lambung seperti gastritis dan tukak lambung-duodenum.

_dikutip dari GADIS Magazine_

By nti0402

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s